Diposkan pada Artikel Kesehatan

Buah dan Sayur Penurun Gula Darah

Buah dan Sayur Penurun Gula Darah,- Memiliki pola hidup sehat sangat penting bagi Anda penderita diabetes agar terhindar dari kenaikan gula darah. Makanan merupakan salah satu yang haru dikontrol oleh penderita diabetes agar kadar gula darah tetap stabil. Dalam kesempatan ini, kami akan memberikan tips-tips buah dan sayuran yang sangat baik dikonsumsi secara teratur bagi penderita diabetes.

Buah dan Sayur Penurun Gula Darah

Penderita diabetes yang bijak harus mengetahui jenis makanan yang bisa menyebabkan naiknya kadar gula darah dan mana yang bisa menurunkannya. Nah, berikut ini merupakan beberapa jenis buah dan sayur yang bisa dikonsumsi oleh para penderita diabetes karena mampu menurunkan kadar gula dalam darah.

  • Bayam
    Buah dan Sayur Penurun Gula DarahBayam termasuk jenis sayuran hijau yang kaya akan lutein. Lutein merupakan jenis karotenoid yang dapat membantu mengoptimalkan kembali fungsi mata serta menjaganya. Selain kandungan lutein, bayam juga kaya akan serat yang dapat membantu menjaga kestabilan kadar gula darah. Penelitian yang dilakukan pada lebih dari 200 ribu orang berusia antara 30-74 tahun menunjukkan bahwa mereka yang banyak mengkonsumsi sayuran (paling tidak 1½ porsi sayuran hijau setiap hari) memiliki risiko diabetes hingga 14% lebih rendah dibandingkan dengan orang-orang yang jarang mengkonsumsi sayuran (kurang dari ½ porsi sayuran hijau per hari)1. Hal ini diduga berkaitan dengan kandungan zat aktif dalam sayuran yang dapat membantu pola hidup sehat sehingga menurunkan risiko diabetes.
  • Brokoli
    Buah dan Sayur Penurun Gula DarahPerlu kita tahu bahwa brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang baik dikonsumsi untuk penderita gula darah karena banyak mengandung kromium. Kromium akan sangat bermanfaat untuk mengatur insulin dan juga gula darah. Diharapkan dengan mengkonsumsi brokoli dapat meningkatkan kembali fungsi insulin sehingga nantinya kadar gula darah penderita diabetes kembali mendekati normal. Studi oleh Warwick University yang dimuat dalam jurnal “Diabetes” melaporkan bahwa brokoli mengandung senyawa sulforaphane yang mampu memperbaiki dan melindungi melindungi dinding pembuluh darah dari kerusakan kardiovaskular akibat diabetes.
  • Tomat
    Buah dan Sayur Penurun Gula DarahSalah satu penelitian di Australia melaporkan bahwa konsumsi jus tomat setiap hari dapat mengurangi risiko penggumpalan darah yang sering terjadi pada penderita diabetes. Penggumpalan darah ini dapat menyebabkan komplikasi seperti serangan jantung, stroke, dan penyakit berbahaya lainnya yang dapat mengancam jiwa. Tomat pun kaya akan vitamin C, vitamin E, zat besi, dan antioksidan penting lainnya. Tomat juga mengandung likopen dan lutein yang melindungi ginjal dan pembuluh darah dari kerusakan akibat diabetes.
  • Wortel
    Buah dan Sayur Penurun Gula DarahWortel adalah salah satu jenis sayuran yang mengandung lutein atau semacam karetoneid yang sangat baik untuk mata. Terkait dengan fungsi mata, perlu diingat bahwa penderita diabetes sangat rentan sekali dengan gangguan penglihatan. Hal ini akibat tingginya kadar gula darah menghambat aliran darah hingga penyempitan pembuluh darah. Jika kadar gula darah dibiarkan terus meningkat maka gangguan penglihatan yang ditimbulkan akan semakin parah. Oleh karena itu mengkonsumsi wortel sangat dianjurkan untuk mengembalikan kembali fungsi mata akibat kadar gula darah berlebih dalam tubuh.
  • Pare
    Buah dan Sayur Penurun Gula DarahPare merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat dikonsumsi oleh penderita kencing manis yang dapat dikonsumsi secara rutin guna menstabilkan kadar gula darah. Namun perlu diingat bahwa ketika anda konsumsi karela sebaiknya tidak dilakukan bersama dengan konsumsi obat penurun gula darah. Hal ini karena dikhawatirkan konsumsi Karela dan obat penurun gula darah secara bersamaan akan dapat menyebabkan hipoglikemia

Jika anda berfikir bahwa buah-buahan yang terasa manis hanya akan kadar gula darah anda meningkat bakhan dapat menyebabkan diabetes?

Mulai saat ini hilangkan anggapan itu dari pikiran anda

Faktanya, rasa manis alami dari buah-buahan tidak akan menyebabkan Anda terserang diabetes, asalkan dikonsumsi dengan cara yang baik dan benar serta yang terpenting adalah  tidak berlebihan. Karena segala sesuatu yang berlebihan pasti berdampak tidak baik.

Nah, untuk Anda yang suka mengkonsumsi buah, kabar baik datang dari kami, bahwasannya kami menemukan bahwa ada 5 buah-buahan yang ternyata terbukti ampuh dan manjur untuk menurunkan kadar gula darah Anda yang tinggi.

  • Apel
    Buah dan Sayur Penurun Gula DarahDibalik lezatnya buah apel, terkandung berbagaimacam nutrisi, vitamin dan khasiat yang baik untuk penderita diabetes. Kandungan pectin yang ditemukan pada kulit apel dipercaya dapat membantu detoksifikasi tubuh serta dapat menghilangkan zat-zat yang tidak berguna di dalam tubuh. Asam galacturonic yang terdapat pada pectin juga terbukti dapat menurunkan kadar gula darah bagi para penderita diabetes
  • Jeruk Bali
    Buah dan Sayur Penurun Gula DarahPeneliti mengatakan bahwa kandungan narigenin dan antioksidan yang memberi rasa pahit pada jeruk bali bisa mengendalikan diabetes tipe 2. Narigen disini membantu meningkatkan kepekaan tubuh terhadap insulin dan juga membantu mempertahankan berat badan ideal yang merupakan bagian penting dalam pengobatan diabetes.
  • Buah Berry
    Buah dan Sayur Penurun Gula DarahKandungan anthocyanidin zat yang membuat buah berry kaya warna ini memiliki kemampuan untuk melintasi sekat antara darah dan otak yang lebih jauh menuju ke bagian otak yang digunakan untuk mengingat dan berfikir. Serta dapat menurunkan kadar gula darah tinggi karena mengandung serat yang tinggi, vitamin C, asam folat dan fitokimia yang tinggi.
  • Buah Kiwi
    Buah dan Sayur Penurun Gula DarahSebuah penelitian yang dilakukan oleh Zespri Health Scinece Research mengatakan bahwa buah kiwi kaya akan vitamin C. Bahkan vitamin C yang berasal dari buah kiwi lebih banyak dari buah jeruk. Dikarenakan buah kiwi mengandung jumlah inositol atau vitamin B8 yang cukup serta memiliki indek glemik yang rendah. Inositol ini dapat meningkatkan sensitivitas insulin di dalam tubuh, hal ini dapat membantu difusi tinggi glukosa ke dalam sel sehingga dapat mengurangi jumlah gula di dalam darah.
  • Buah Jeruk
    Buah dan Sayur Penurun Gula DarahRasa manis pada buah jeruk mengindikasikan bahwa jeruk memiliki kandungan gula alami. Pada buah jeruk, kandungan sukrosa lebih besar dibandingkan dengan jenis gula lain. Berdasarkan hasil penelitian, buah jeruk mengandung zat aktif bernama naringenin semacam zat antioksidan yang memberikan rasa pahit pada kulit jeruk yang berguna membantu mempertahankan berat badan ideal dan membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

Selain mengkonsumsi buah dan sayur yang telah disebutkan di atas, Anda juga harus melakukan olahraga secara ruti, menjaga pola makan yang benar, istirahat yang cukup serta menjauhi stres adalah langkah yang baik untuk mengontrol gula darah.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat

Buah dan Sayur Penurun Gula Darah

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s