Diposkan pada Artikel Kesehatan

Kenali Tanda dan Gejala Gula Darah Tinggi Sebelum Terlambat

Kenali Tanda dan Gejala Gula Darah Tinggi Sebelum Terlambat,- Bagi penderita diabetes, kadar gula darah tinggi bisa disebabkan karena lupa mengkonsumsi obat penurun gula darah atau menyuntikan insulin. Selain itu, stres, terjadi infeksi, kurang berolahraga, terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat, atau melakukan aktivitas fisik yang berlebih di saat tingkat insulin rendah juga dapat menjadi penyebab gula darah tinggi.

Gula darah tinggi atau hiperglikemia adalah kondisi dimana kadar glukosa di dalam tubuh anda mengalami peningkatan. Kondisi ini umumnya dialami oleh mereka yang menderita diabetes dan biasanya berbahaya jika terjadi secara terus-menerus.

Berapa Kadar Gula Darah Normal?

Kenali Tanda dan Gejala Gula Darah Tinggi Sebelum TerlambatGula darah yang terkandung di dalam darah biasabya mencapai lebih tinggi dari 11,1 mol/1 (200 mg/dl) namun sebagian besar para penderita kelebihan gula darah ini akan mengetahuinya jika gula dalam plasma darah sudah beradi di level 15 hingga 20 mol. Pengukuran gula darah ini digunakan dalam satuan milimol per liter (mm/l) yang telah dijadikan standar gula darah di dunia.

Kadar gula sendiri akan menunjukan hasil yang berbeda ketika seseorang sudah makan atau sedang puasa. Oleh karena itu jika melakukan cek gula darah sebaiknya berikan informasi apakah anda sudah makan atau belum makan pada beberapa jam yang lalu. Memang kebanyakan orang yang akan mengecek gula darah harus melakukan puasa terlebih dahulu agar hasilnya akurat.

Supaya kita memiliki acuan yang jelas untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh agar tidak naik dan turun. Berikut ini kisaran gula darah normal dalam tubuh :

  • Sebelum makan: 70 – 130 mg/dl.
  • Dua jam setelah makan: 10 mml/l atau setara 180 mg/dl
  • Ketika sedang puasa : 4 – 7 mm/l atau setara dengan 72 – 126 mg/dl
  • Menjelang tidur : 8 mm/l atau setara 144 mg/dl

Setelah mengetahui kadar gula darah normal dalam tubuh, mulai sekarang anda bisa menjaga kadar gula darah agar tetap normal.

Kenali Tanda dan Gejala Gula Darah Tinggi Sebelum Terlambat

Kenali Tanda dan Gejala Gula Darah Tinggi Sebelum TerlambatIni menjadi hal yang sangat penting bagi anda penderita diabetes untuk mengetahui apa saja yang menjadi tanda dan gejala naiknya gula darah. Hal ini perlu diwaspadai mengingat naiknya kadar gula darah tidak akan menimbulkan gejala yang spesifik dan biasanya baru dirasakan jika sudah terjadi komplikasi yang cukup serius.

Inilah yang terjadi jika gula darah naik :

  1. Sering merasa haus
  2. Mudah lelah
  3. Sering buang air kecil
  4. Penglihatan menjadi buram
  5. Luka yang taj kunjng sembuh
  6. Penurunan berat badan secara drastis
  7. Sering mengalami kesemutan
  8. Sering merasa lapar
  9. Cepat mengantuk
  10. Dehidrasi
  11. Mudah terkena infeksi
  12. Perubahan warana kulit
  13. Mulut dan kulit menjadi kering
  14. Sering pingsan

Sayangi diri Anda, hindari gula darah tinggi dengan terus memantau makanan yang Anda konsumsi dan menjaga pola hidup yang sehat. Segeralah konsultasikan kondisi Anda kepada dokter jika gula darah tinggi terjadi terus-menerus.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat

Baca juga : Obat Penurun Gula Darah Terbaik

Kenali Tanda dan Gejala Gula Darah Tinggi Sebelum Terlambat

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s